Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!

Blogger Jokam – Banyak orang mengatakan Internet adalah sarangnya hal negatif, para orang tua bilang Internet tidak baik, sehingga anak-anaknya justru di didik Anti Internet. Padahal salah satu ciri khas orang Indonesia adalah ketika mendapati suatu yang dilarang justru malah di terjang, betul? – Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!

Padahal jauh lebih baik jika para orang tua mengarahkan anaknya menuju ke penggunakan Internet Sehat. Ngeblog contohnya.

Ngeblog bisa menjadi sebuah ladang “emas” bagi sebagian orang dan disinilah Panduan Lengkap untuk kamu yang ingin menghasilkan uang dari blog. Panduan Membuat Blog dari NOL sampai Menghasilkan uang. Baca artikel ini sampai habis lalu komentar!

Baca Juga: Pengalaman di Banned Google Adsense ketika Saldo sudah 1,5 Juta!

Sebelumnya, perlu diketahui Allah mememberikan rizki kepada umatnya berbeda-beda. Sama-sama penjual bakso rezeki bisa beda, sama-sama penjual mie ayam rezeki bisa berbeda. Sama-sama PNS rezeki juga bisa berbeda. Begitu juga dengan ini. Sama-sama Blogger, rezeki juga bisa berbeda

Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah paham dulu apa itu blogger.

Ini penting sekali karena mencakup lapangan kita nanti akan bekerja. Ngeblog itu apa? blog itu apa? gimana dapetin uangnya? gimana cara kita dibayar? dan pertanyaan-pertanyaan dasar lainnya. Sobat harus (minimal) tahu apa itu blog, cara kerja blog dan platform blog.

Well, ngomong-ngomong soal platform blog, sebenarnya ada banyak sekali platform blog yang ada di Internet, namun yang paling banyak platform digunakan ada dua yaitu, Blogger dan WordPress, dan untuk wordpress ada dua jenis, yaitu wordpress selfhosting dan wordpress.com

Disini yang akan aku bahas adalah membuat blog dari wordpress selfhosting.

Cara Membuat Blog dari WordPress SelfHost

Untuk kamu yang bingung gimana carnaya membuat blog dari wordpress selfhost baca artikel ini sampai habis baru kemudian boleh komentar.

Hal-hal yang harus sobat miliki sebelum membuat wordpress selfhost:

Ada beberapa “kewajiban” yang harus sobat penuhi sebelum membuat wordpress selfhost, kewajiban-kewajiban harus dipenuhi karena nantinya berpengaruh dalam pekembangan blog, apa saja kewajiban itu? mari kita ulas:

1. MODAL

Yup, sobat tidak salah baca, modal. Jangan pernah berfikiran semua yang ada di Internet adalah Gratis, bebas, Free. WordPress selfhost berbeda dengan wordpress.com atau bahkan blogger.com. Sobat harus memiliki modal yang berupa UANG.

Untuk apa sih? Uang yang sobat miliki digunakan untuk modal yaitu sewa hosting. Itulah kenapa disebut Selfhost, pemilik blog memiliki akses penuh pada blog-nya sampai ke penyimpanan (hosting) dari blog tersebut. Sewa hosting bervariasi, tergantung sobat memilih penyedia layanan hosting tersebut.

Jika memang ingin serius ngeblog, hindari sewa pada reseller abal-abal. Rekomendasi penyedia layanan hosting dari aku sendiri adalah:

Namecheap.com. Jujur, aku bukan ingin promosi atau ingin men-dewa-kan layanan hosting satu ini. Melainkan memang ini adalah testimoni dari pelanggan. Karena ketika aku menggunakan hosting dari namecheap.com, aku tidak pernah mengalami permasalahan, seperti down. Yap, down seperti hati ku melihat Rasia menikah kemarin. Ah!. Jadi nomor satu adalah MODAL UANG!

2. Waktu dan Tenaga.

Hampir sama dengan yang nomor satu, nomor dua ini masih termasuk ke bagian modal. Namun, berbeda bentuk, yaitu modal waktu dan tenaga. Modal waktu dan tenaga sangat penting sekali untuk perkembangan blog yang sobat kelola, misalnya sobat seorang pekerja full time atau pekerja kantoran yang tidak ada waktu luang, aku sarankan sobat nggak usah coba masuk ke dunia blog, karena kemungkinan besar itu tidak berhasil sampai mendatangkan uang.

Lho berarti ngeblog pekerjaan orang malas dong? Bisa dikatakan begitu. Ngeblog pekerjaan orang malas, aku sendiri orang malas, pengangguran, dan banyak duduknya. See? Aku malas bekerja menjadi anak buah orang lain, aku malas bekerja di suruh-suruh (aku pengenya nyuruh orang saja hehe) aku malas bekerja dengan terikat waktu. Akibat kemalasan ku yang di luar nalar manusia, akhirnya aku berfikir bagiamana caranya aku bisa bekerja tanpa terikat? Ketemulah ngeblog ini.

3. Sabar

Sobat seorang blogger, sobat harus memiliki jiwa sabar yang tinggi. Karena seorang blogger jika tidak punya kesabaran yang tinggi akan mudah hancur. Hancur blognya, hancur modal untuk ngeblognya

Baca Juga; Penghasilan 1 Bulan Ngeblog!

Jangan pernah bertanya hasil sebelum memulai. Please, ini bukan bisnis yang membuat orang cepat kaya, ini bukan bisnis yang membuat orang bisa menjadi kaya mendadak dengan bayaran Internet. Sadarlah sobat kadang kenyataan tidak semanis harapan, kenyataan sering kali lebih pahit dari pada harapan, contohnya di tinggal nikah Raisa.

Aku rasa 3 Modal dasar diatas sudah cukup untuk memulai ngeblog.

Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!

Cara membuat blog dari wordpress selfhosting.

Kita sudah membahas soal modal, betul?. Baik kita akan terjun ke Intinya. Cara Membuat Blog dari WordPress Selfhost lewat namecheap.com. Silakan ikuti gambar. (KLIK UNTUK MEMPERBESAR GAMBAR)

  1. Buka www.namecheap.com
    2 300x169 - Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!
  2. Sign Up
    3 300x169 - Panduan #1: Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!Isi dengan data-data sobat
  3. Pilih Hosting (Untuk Pemula)
    Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!
  4. Silakan di pilih
    Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!Saran aku, untuk pemula pilih paket Value.
  5. Pilih Domain sobat
    Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!
  6. Selesaikan Order
    Membuat Blog dari NOL Sampai Menghasilkan Uang!

Untuk menyelesaikan order, sobat bisa menggunakan PayPal. Jadi saran aku, ubah pembayaran menggunakan PayPal saja, silakan ikuti instruksi yang ada disana, Insya Allah sobat akan mengerti.

>> Artikel Berlanjut Part 2 (Menyusul)

Post Author: Penyampai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *