Android Oreo, Android 8.0 yang Memiliki Banyak Fitur Unggulan.

KompiOtodidak – Sudah dengar kan isu soal Android terbaru ini? Yup, Android terbaru kali ini berada pada urutan abjad “O”.  System Operasi Android selalu diberi nama dengna nama-nama makanan yang terkesan manis dan diurut dari abjad Alfabet. Jadi, sejauh ini Android sudah mencapai alfabet huruf “O” yang sebelumnya sudah ada Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow and Nougat.

hmm, awalnya gue kira Android “O” bakal diberi codename Onde-Onde, Oncom atau Ote-ote.. oouww, sadly.. is Not!

Oncom - Android Oreo, Android 8.0 yang Memiliki Banyak Fitur Unggulan.
Android O sejatinya diberi nama Oreo, pasti lo bertanya-tanya deh, “Oreo itukan produk, bukan jenis makanan, kok dijadikan nama Android?” , ya sebenarnya gue juga sedang mencari jawaban soal pertanyaan itu, kalo lo mengerti jawabannya silakan tulis di komentar. Keunikan selanjutnya adalah Android Oreo diperkenalkan tepat ketika Gerhana Matahari Total terjadi di Amerka, entah kenapa Google sengaja menepatkan momen ini. Kebayang nggak sih, matahari yang segede gaban tiba-tiba ketutup sama ….Oreo?
Then, ngomongin soal Android terbaru nggak pas rasanya kalau belum mengintip fitur-fitur terbaru dari Android Oreo ini.
aaa - Android Oreo, Android 8.0 yang Memiliki Banyak Fitur Unggulan.

Fitur terbaru Android Oreo 8.0

1. Pembatasan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Kita semua sudah tahu kalau permasalahan utama pada smartphone adalah ketahanan battery. Nah, yang sadar akan hal ini bukan cuma para jomblo yang sukanya ngeoprek-ngoprek daleman Android gan, Google juga sadar akan hal ini. Maka dari itu, pada versi Android terbaru ini, Google menyematkan fitur dimana fitur tersebut berfungsi mematikan Aplikasi yang berjalan di Background (latar belakang) ketika smaprtohone lo lowbat.

2. Gambar dalam Gambar

Jika sebelumnya kita hanya bisa menonton video di youtube sambil ‘jalan-jalan’ di youtube-nya, sekarang Google menyematkan fitur terbaru pada Android Oreo. Yup, tepat sekali! Fitur gambar dalam gambar adalah fitur dimana kita bisa menonton video kemudian melakukan aktifitas yang lain, jika mengaktifkan fitur mode gambar dalam gambar. lo bisa membalas email di Gmail sambil nonton video, lo bisa nonton Isyana sambil ngeliat foto Pevita gan, top dah!

3. Pemberitahuan Berkelompok

Perusahaan teknologi raksasa ini berencana untuk mengelompokkan pemberitahuan atau notifikasi dalam channel. Tujuannya adalah untuk memberikan akses kendali lebih banyak kepada pengguna terkait kategori pemberitahuan aplikasi.
“Pengguna bisa memblokir atau mengubah kebiasaan dari channel masing-masing, alih-alih mengatur semua pemberitahuan aplikasi sekaligus,” terang Google.
Google juga menyematkan fitur snooze kepada notifikasi pada OS Oreo kali ini, sehingga lo bisa men-diam-kan notifikasi selama 15 menit atau 30 menit, tergantung kebutuhan

4. Pengisian Password Otomatis

Google berencana menambahkan fitur ini pada Android terbarunya, pasalnya para pengguna sudah bergantung pada autofill semacam yang ada di browser PC gitu deh. Sebenarnya sih, ini perspektif masing-masing yaa, mungkin ada orang yang sukanya otomatis, atau mungkin ada juga orang yang memang sukanya manual. Manual cari pacar ampe nggak dapet-dapet

Gogole mengatakan penggunaan fitur ini berlaku pada semua ekosistem aplikasi, yang berarti berlaku pada browser atau aplikasi yang lainnya, hmm, kudu lebih hati-hati ya gan!

5. Penyematan Ikon Adaptif

hmm, melihat dari namanya sepertinya memang Google sedang gencar-gencarnya membuat supaya konsumen itu betah dan dibuat nyaman dengan produknya. Penggunaan ikon adaptif berarti pengguna bisa memilih dan menempatkan atau mengubah ikon sesuai keinginannya, gitu nggak sih? Iya kali ya.

6. Penggunaan Navigasi yang Andal

Google mengatakan Android O akan lebih andal dalam aplikasi navigasinya. “Di Android O, kami berfokus untuk membangun model navigasi ‘panah’ dan ‘tab’ yang lebih andal dan dapat diprediksi yang membantu pengembang dan pengguna,” kata Google.

7. Pengembangan Kamera yang Lebih Baik

Google menghabiskan waktu lama untuk re-build aplikasi kamera. Untuk mengakses kamera, Google menawarkan fitur ketuk dua kali yang memungkinkan lo bisa zoom 50%.
Ada juga tombol khusus baru yang memungkinkan pengguna beralih antara mode foto dan video. Sebelumnya, pengguna harus menggesek dan hal tersebut di nilai tidak intuitif.
Nah gan! itu semua adalah fitur unggulan yang sudah di umumkan oleh Google dalam peluncurannya, gue berharap sih bakal lebih lagi gitu ya. Dan untuk device yang mendapatkan Update sudah menjadi tradisi Google Pixel dan Nexus lah pasti mendapatkan OS ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *