Ini Aturan Tak Tertulis di SMS/WhatsApp/BBM atau Chatting Lainnya, yang Kamu Harus Tau!, Iya HARUS!

Jaman sekarang, namanya chatting sudah menjadi kebutuhan manusia, malah beberapa orang menganggapnya sebagai kebutuhan premier yang berarti sudah menjadi kebutuhan utama, sejajar dengan makan, sandang, pangan. hmm, sepertinya pelajaran IPS harus di revisi tentang apa-apa saja kebutuhan premier manusia.
Entah itu Facebook, WhatsApp, BBM, atau bahkan SMS, pasti semua memiliki aturan. Contoh: jika SMS kamu nggak bisa ngirim Cerita disono, atau bahkan Novel! karena apa, SMS memiliki maksimal huruf yang akan kamu tulis, itu berkisar 500 huruf.
Tapi selain itu ada beberapa peraturan tak tertulis yang harus kamu patuhi, kalau nggak siap-siap kamu akan jadi orang yang paling males di hubungi teman kamu, atau yang lebih parah kamu akan jadi jomblo!
berikut peraturan tak tertulis yang harus kamu patuhi dalam chatting/sms:
loggo - Ini Aturan Tak Tertulis di SMS/WhatsApp/BBM atau Chatting Lainnya, yang Kamu Harus Tau!, Iya HARUS!

1. Santai gan, kalau belum di balas.

Kadang kalau kamu sms doi dan nggak di balas, biasanya kamu bakal mem-borbardir doi dengan puluhan SMS atau bahkan ribuan. Dan mungkin sekarang jamannya PING kali yaa, kan nggak enak juga gan kalau kamu ngePING doi beribu-ribu ping kali aja doi lagi sibuk, lagi meeting. Malahan kalau kamu ngePING atau nge Bom SMS doi jadi males balas pesan kamu.

2. Respon dengan Baik

Kalau ada yang sms kamu, selalu respon dengan baik. Respon baik bukan berarti ngasih ‘lampun hijau’ buat ngedeketin kamu, terutama bagi para jomblo, baca ini blo, kali aja kalian para jomblo pada salah paham karena respon dia yang baik. Karena apa? yang namanya di cuekin/dikacangin itu nggak enak.
Kalau ada SMS yang berbau tipuan/membahayakan jangan di balas hiraukan aja. Bahaya kalau kamu sampai jadi korban, bisa-bisa korban pemerkosaan ka? lebih bahaya lagi kalau yang jadi korban pemerkosaan itu cowok.


3. Mau SMS apa nulis novel?

Kalau kamu mau SMS, pastikan pesaan yang kamu tulis itu sedikit atau seperlunya saja, jangan ampe berlembar-lembar, selain kamu bakal capek ngetik, dia juga pasti malas baca, atau nggak ada waktu buat baca. Kalau emg hal yang kamu tanyakan benar-benar harus mendetil ya telfon aja atau ketemuan langsung.

4. Jangan Asal telfon

Jangan asal main telpon aja, yg namanya sms-an itu biasanya dia lagi nggak ada waktu free, alias lagi ngerjain sesuatu kali dia lagi santai, lagi tiduran, istirahat kerja. Kan bisa nganggu dia juga kalau kamu telpon nggak pada waktu yang tepat.

5. HARGAI !!

Jangan sampai kamu balas SMS teman/ orang lain dengan balasan yang amat sangat singkat, contoh: Y, OH, O, YA, IYA, GAK, G. Jangan sampai.
Karena ini termasuk balasan yang nggak menghargai orang yang mengirim sms, ya kalau memang kamu cuma pengen jawab begitu ganti dengan balasan ini:
OH BEGITU IYA, OH NGGAK KOK, blablab..
intinya hargai pengirim sms itu. Kecuali kalau mau pengen dia banting hape, atau pengen dia nggak berteman lagi sama kamu.

6. Lihat Waktu

Ini yang paling penting, lihat waktu. Jangan kamu sms orang pada jam 3 pagi tentang pekerjaan ya kalau kamu sms buat bangunin Sholat malem nggak papa, lah kalau jam 3 pagi sms soal pekerjaan, siapa yang mau?

7. Hati-hati bercanda di SMS/Chatting

Bercanda di text memang harus hati-hati, karena itu nggak ada nada bacanya, beerbeda dengan ngobrol atau ngomong langsung, karena becandaan masih bisa di lihat jika ada nada bicaranya. SMS nggak bisa.

8. Selalu Cek Tanda Baca

Kamu harus pintar-pintar menggunaakan tanda baca, salah-salah bisa beda arti. Mau ngomong A malah jadi ngomong B, cuma karena nggak ada tanda baca; contoh:

cewek: kakak, ada gak yang kakak sukain di sekolah?
cowok: ada, kamu …
cewek: ih yang bener?
cowok: oh maaf ketinggalan tanda tanya, maksud aku “ada, kamu?”
cewek: oh… *berasa kenak PHP

9. Hati-hati menggunakan huruf kapital

Karena pada dasarnya SMS/chatting kebanyakan nggak ada nadanya kadang menggunakan huruf kapital dianggap kalau kamu lagi marah. Contoh: KAMU LAGI APA? dan Kamu lagi apa? itu sudah beda nada, yang kapital terkesan bentak, yang biasa terkesan santai, so hati-hatilah, ini juga termasuk untuk tanda seru (!)

10. Selalu Cek sebelum di kirim

Ini yang paling penting buat kamu yang hobi selingkuh, niatnya mau ngirim ke Pevita Pearce eh malah salah kirim ke Aura Kasih, duh. Perang dunia deh. Atau bisa juga ketika ngetik kalian typo, contoh:

cowok: kamu mau nggak nenenin aku?
cewek: HA? DASAR MESUM!
cowok: eh, maksud aku, nemenin, sorry typo…
cewek: HALAH, MESUM IH JIJIK!

fatal kan?

11. Jangan SMS/Chatting saat Mengemudi

Memang sudah peraturan dari pak polisi, mengendarai kendaraan sambil chating atau mengopresikan gadget emg dilarang, tapi nggak sedikit pula yang masih melakukan tindakan keji ini. Hindari SMSan/chatting sambil mengemudi mobil/motor atau pesawat sekalipun, karena bisa ganggu. Bisa-bisa kamu kecelakaan dan Mati, terus pas mati kamu baru au kalau jodoh kamu itu Pevita Pearce, duh. Nyesel nya dobel-dobel.
oke gan, segitu dulu deh yaa, kalau kamu mau nambahin silakan gan, jangan malu-malu. biasanya juga malu-maluin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *