Istilah-Istilah Komputer yang Kudu lo tau

istilah komputer - Istilah-Istilah Komputer yang Kudu lo tau 
KompiOtodidak – Kemarin, temen gue datang kerumah lalu tanya sesuatu yang notabene itu gampang baget bagi yang udah tau. Sekilas tentang temen gue, temen gue namanya Parmin, orangnya bego nya minta ampun, tapi songongya gak ketulungan, Pernah suatu ketika dia punya hardisk external 1 TB, dia minta GTA IV ke gue, saat itu GTA IV baru rilis dan masih anget-anget tai ayam vroh. Ya gue kasih installernya bahkan .iso nya. Di pikiran gue sih, dia udah langsung colok-copy-install. Yaa benar memang dia lakuin seperti itu, setelah selesai di install dia marah-marah ke gue.

Parmin : Lo kok ngasih GTA IV bajakan sih ?
Gue : Lah emg itu GTA Bajakan, gue beli cuma goceng bro, lo mau kasetnya?
Parmin: Tapi kok lo bisa main, lah di gue gak bisa di mainin…
Gue: masa?
Parmin: iya tega sama gue…
Gue : (dalem ati) ini apanya yang salah, perasaan udah gue kasih semua dari SN sampai Crack)) . Lo install dimana?
Parmin: Komputer laah..
Gue: komputer siapa? Prosessor apa?
Parmin: Pentium 4..
Gue: *Nelen pissoo..

Selain begonya minta ampun dia pun songonnya amit-amit. Kalau beli-beli gak tanggung, contohnya Hardisk di atas, dia beli 1 TB sewaktu gue tanya buat apa, buat nyimpen data (kampret, nenek-nenek nge-drift juga tau kalau hardisk buat nyimpen data) , maksud gue, emg laptop dia gak mampu apa nampung data-datanya, secara dia juga ada komputer, dia ngejawab: Koleksi bro, hobi baru.

Pernah suatu ketika, doi ngeluarin 10 flash disk dari tas-nya. Buset nih bocah..
gue tanya “tuh banyak flash disk buat apa?” doi “buat koleksi lah bro, maklum hobi baru …” gue “wah enak ya elo anak orang kaya” doi “iyalha, ini cuman sebagian kecil dari uang jajan gw yang satu minggunya 200rb” gue ” uang jajan gue mah cuman separuh dari uang jajan lo bro. Berapa coba separuh dari 200rb?”

Apa yang terjadi?, diapun kejang-kejang, dan masuk UKS seminggu karena mikir separuhnya dari 200rb.

Di lain hari, pernah juga parmin di tanya oleh guru gue, “Apa kepanjangan dari PCB yang ada di Komputer?” dan dia menjawab apa sob?
doi “PCB adalah……..Printer Computer Bold” ……. -_- *hening seketika

Nah sob, cukup dengan si parmin. Gak mau kan jadi kayak si Parmin?. Mari simak artikel di bawah ini:

Istilah-Istilah yang kudu lo tau di Dunia Komputer:

1. HDD

Apa hayo HDD? , Yap, HDD adalah HarDisk Drive. Ini adalah media penyimpanan yang biasa di sebut dengan Hardisk. Biasanya bahasa HDD di gunakan pada brosur produk Laptop/Komputer. Nah lho, lah kalau lo gak tau apa itu HDD gimana?

2. SPEK / SPECS

Spek sebenernya berasal dari kata Spesifikasi tapi biar lebih mudah orang-orang menyebutnya “Spek” , bukan sepatu bola meen…

3. Lepi/Neti/PC

Memang aneh sebutanya, tapi itu bukan nama anjing ataupun monyet piaraan. Itu singkatan dari:
Lepi: Laptop
Neti: Netbook
PC: Personal Computer / Komputer Rumahan
Jadi masih mikir Lepi itu nama anjing?

4. BIOS

BIOS Basic Input Output System, Nah BIOS ini adalah program dasar masukan dan keluaran komputer (input/output). Biasanya untuk mengatur HDD, RAM, Waktu, Bahkan Over Clock.

5. OC (OverClock)

Bagi para Gamer, ini sangat familiar sekali. Bukan gamer PeBeh lho yaa :v .. OverClock ini adalah proses “pemaksaan” Prosessor ‘sewajarnya’ tetapi beberapa gamer ada yang OC kelebihan sehingga membuat Processor kebakar cemburu

6. Procie

Procie, atau bisa di sebut Processor. Entah dari mana sebutan Processor bisa jadi procie, tapi keknya sih lebih unyu-unyu yaa di sebut procie :v

7. Typo

Typo, adalah kesalahan mengetik pengguna. Contoh
Javanese: “awakmu (kamu) meriang?, semoga ndang (cepat) mari (sembuh) yo”
KETIKA TYPO
Javanese: “awakmu (kamu) meriang?, semoga ndang (cepat) mati (mati) yo”
Lihat, Fatal sekali bukan?,  banyangin aja kalau pesan itu buat Ibu Kost? bisa ketauan doa kita selama ini.

8. Inul

Bukan penyanyi dangdut, bukan pula penari striptis, atau anak anjing. Inul adalah singkatan dari INstall ULang.

9. OP

Familiar di kalangan Hacker/wanna be Hacker. Biasanya ini di lakukan ketika mereka mengadakan DDOS attack, Contoh : #OPSaveGaza . Nah OP disini bukan singkatan dari Operator, atau Oplosan, atau Operdosis (maksa banget anjir) .. tapi OP disini adalah Operation (Operasi)

10. DDOS, Phising, Spamming

Ini sering di lakukan oleh anak-anak usil.

DDOS: Serangan yang di lakukan bersama satu waktu secara besar-besaran (bahasa ilmiahnya: Tawuran). kepada suatau web/server tujuan agar target mati sementara/selamanya.

Phising: Memancing, yap, memancing ikan paus di internet! BUKAN!. Tapi memancing korban dengan login page yang sama tapi palsu.

Spamming: Spam lho spam, masa gak tau. biasanya jika di fb, ini akun yang terkena Spam bakal ngirim hal-hal yang tidak pernah di kehendaki oleh pemilik akun.

Cukup sekian dulu, kalau lo ada tambahan tulis aja di komentar sog, jangan sungkan-sungkan anggap aja di rumah sendiri..

2 tanggapan untuk “Istilah-Istilah Komputer yang Kudu lo tau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *