Mengenal Apa itu Hackintosh

hackintosh wallpaper v5 pack by jonzy - Mengenal Apa itu Hackintosh 
Bagi sebagian pengguna Komputer, mungkin sudah familiar dengan nama Hackintosh. Tapi untuk pengguna Komputer awam mungkin masih bertanya-tanya, Apa sih hackintosh itu?

Di dunia ini ada 3 OS komputer yang sangat terkenal, yaitu: Windows, Linux dan Mac OS X . Dari ketiga ini pun memiliki penggemar / fanboy masing-masing. Lantas apa itu Hackintosh? kok tidak termasuk kedalam 3 OS diatas.

Windows, Operating System (OS) yang di buat oleh Microsoft dan di rancang untuk kepetingan Kantor (Office). Windows dengan mudah di install di segala Komputer karena memang Windows di rancang untuk Segala jenis Komputer. Baik komputer lama atau yang terbaru.

Linux, adalah OS yang di buat oleh Linus Torvalds yang di kembangkan dari Kode UNIX. Linux sendiri di ciptakan untuk tujuan Free(dom) dan Open Source atau Kode Sumber yang terbuka yang artinya semua orang bisa merubah, memodif, meniru Linux tanpa harus izin ke pembuat, dengan satu syarat harus berlisensi GPL (General Public License)

Mac OS X , adalah OS yang di buat Khusus untuk Laptop/Komputer produk Apple. Mac OSX sendiri di bangun di atas kernel BSD yang mana itu membuat OSX termasuk keluarga UNIX yang artinya masih satu keluarga dengan Linux.

Hackintosh?? Karena Mac OS X hanya di buat untuk produk Apple, maka Munculah ide para developer dunia untuk memasukan/menginstall OS X ke dalam komputer biasa, dengan racikan dan kepintaran para developer dunia tersebut, terlahirlah OS yang bernama Hackintosh. Dengan kata lain, Hackintosh adalah OS X yang berhasil di-“hack” oleh Developoer/Hacker sehingga bisa di gunakan pada Komputer biasa dengan sedikit cara-cara khusus.

Lalu Munculah isitilah Distro di kalangan Hackintosh. Distro di dalam hackintosh ini berbeda dengan distro yang ada pada Linux. Jika di Linux Distro adalah OS yang telah di remaster/ di packing ulang. Di Hackintosh Distro adalah OS X yang di patching di dalam DVD atau Flash Disk dan sudah ada bootloader didalamnya, dengan kata lain, para Hackintosher tinggal Plug-and-Play. Tidak seperti dulu, sebelum muncul istilah Distro, Hackintosher harus secara Manual memasukan Bootloader ke dalam Installer Hackintosh

Karena ini adalah OS “Hacking” belum semua Hardware support, yaaa lihat saja, ini adalah bisa di bilang “pemaksaan”. Driver, Hardware yang ada hanya sebatas koleksi dari hackintosher dunia yang sudah berhasil menginstall Hackintosh.

Ingin mencoba OS X di laptop selain Apple? Install saja Hackintosh. eitt, tapi sebelum menginstall Hackintosh, pastikan dulu siap mental dan hardware yang cocok. Karena bukan tidak mungkin akan ada kendala disana..

See you 🙂

Belajar Komputer Otodidak bersama KompiOtodidak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *