Mengenal KALI Linux, Distro Linux Untuk Security Testing

Blogger Jokam – Hai hai hai… kembali lagi sama aku di Blogger Jokam.

Kali ini aku mau membahas Linux. Sebelumnya, aku mau ngasih tau apa itu Linux. Pertama aku ambil dari wikipedia Indonesia.

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/)[1] adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.[2]

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.[3] – Wikipedia

Bingung?

Baik, ini versi aku sendiri:

Linux adalah sistem operasi yang berjalan di komputer, Linux sendiri di tulis menggunakan bahasa pemrograman UNIX. Intinya Linux adalah Sistem Operasi selain Windows dan MAC OS X (Apple).

Yap, paham?

Lanjut…

Linux sendiri memiliki anyak sekali varian dan versi atau yang biasa di sebut distro, di dalam situs www.distrowatch.com sendiri, Distro Linux seluruh dunia sudah ada peringkat 100 Besar, berarti ada lebih dari 100 Distro Linux yang tersebar di seluruh dunia.

Kok bisa ya?

Usut punya usut ternyata Linux memiliki keunggulan yang nggak bisa di dapat dari OS lain, windows contohnya. Linux memiliki sifat Open Source, atau kode sumber terbuka. Yang artinya semua orang yang “merasa” bisa untuk edit kode sumbernya itu di perbolehkan, asalkan tetap menggunakan Lisensi GPL (General Public License). Nah pada artikel kali ini, aku mau membahas soal KALI LINUX.

1386242 7843 4 - Mengenal KALI Linux, Distro Linux Untuk Security Testing

Apa itu KALI LINUX?

Singkatnya Kali Linux adalah distro linux yang fokus kepada security testing, paham kan maksud ku? Security Testing yang jika di bahasa Indonesia-kan artinya Ngetes Keamanan, yaa..”ngetes”. Kali linux pada awalnya bernama Backtrack, pengembangannya mencapai Versi Backtrack 5 R3 setelah itu berganti menjadi Linux, maka dari itu Kali Linux di sebut-sebut sebagai Backtrack 6.

Di dalam Kali Linux, kamu bisa menemukan tools untuk kepentingan keamanan suatu server atau PC , ada hampir 300++ Tools yang tersemat secara default di dalam Kali Linux. Karena bertujuan untuk seperti itu, jadi tidak sembarang orang bisa menggunakan Kali Linux.

Kali Linux sendiri masuk ke kelas Pengguna Advance di dalam Linux User, sama halnya dengan BlackArch atau Parrot Sec.

Dimana Download-nya?

Download Linux itu MUDAH sekali, tidak seperti download Windows. Linux yang kamu butuhkan itu sudah pasti ada di Website Resminya. Jadi kalau kamu ingin download Kali Linux, Silakan pergi ke website resminya kali linux, LINK ADA DI BAWAH.

DOWNLOAD KALI LINUX VIA WEB RESMI

APA YANG BISA DILAKUKAN DENGAN KALI LINUX?

Sebanarnya, sama saja dengan kamu menggunakan windows, hanya saja teknisnya berbeda. Dengan Kali Linux “JIKA KAMU” bisa memanfaatkan Tools yang ada, Kali Linux bisa menjadi senjata paling mematikan yang pernah ada di jagad Internet. ALAY BANGET LU ANJAY!

Bukan alay sog, tapi emang benar… Kali Linux, BlackArch, BackBox itu adalah beberapa senjata paling mematikan yang ada di dunia cyber “Jika kamu bisa memanfaatkannya”.

 

Then see yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *