Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress (Gratis)

Blogger Jokam  – Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress.

Pada Artikel kali ini aku mau ngasih tau kepada sobat semua langkah ketiga dari Episode Membuat Blog dari NOL!.

Bagi sobat yang belum membaca dari awal bisa klik link dibawah ini:

Panduan #1 : Cara Membuat Blog dari NOL

Panduan #2 : Cara Install Platform pada Hosting

Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress

Sebelumnya, sorry banget baru bisa update blog karena tangan kanan ku cedera jadi nggak bisa update blog dalam beberapa hari …..atau bahkan minggu.

Pada kesempatan kali ini, kita sudah masuk pada Panduan ke 3 yaitu Menginstall Plugin Wajib Pada WordPressSebelum kita masuk ke materi, ada baiknya sobat mengetahui apa itu plugin dan fungsi dari plugin itu sendiri.

Plugin pada wordpress lebih seperti sebuah tools/alat bantu untuk mengatur wordpress supaya lebih mudah, berbeda dengan blogspot, jika pada blogspot kita cenderung harus “sedikit” coding pada source html, pada wordpress kita menggunakan plugin sebagai alat untuk mempermudahnya, walaupun pada beberapa kasus ada juga yang harus uprek pada sourcenya, tapi ini jarang.

Nah, sudah tau kan penjelasan simple-nya plugin wordpress? Baik, sekarang kita masuk ke Materi.

Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress

Ada banyak sekali plugin yang bisa kita install pada wordpress, namun jika kebanyakan plugin juga tidak baik sob. Lebih baik sobat install plugin yang perlu-perlu saja dalam artian plugin yang sobat install memang sobat tahu fungsinya. Langsung saja yaah, nggak usah banyakan ceramah:

Sebelum menginstall plugin, sobat harus login dulu ke blog sobat caranya : http://www.(alamatblogsobat).com/wp-admin

Jika sudah, masuk pada bagian Plugin – Tambah Baru – Cari Plugin – Install – Aktifkan. Lihat gambar:

 

Nah, sampai disini sobat pasti bingung “plugin yang mana yang musti gua install ya?” .. karena itu lahirlah artikel ini, heheh. – Perlu dicatat: Plugin dibawah ini adalah plugin “yang menurut ku” penting dari yang penting. Jadi itulah kenapa cuma aku sebutkan 7.

Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress

1. AKISMET

Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress 2 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

Plugin Akismet menurut aku sangat penting sekali sob, kenapa? Karena plugin akismet ini adalah suatu plugin yang berguna banget untuk mencegah komentar-komentar spam. Komentar spam di wordpress lebih ganas di banding komentar spam di facebook, biasanya komentar spam di wordpress (atau blog lain) adalah link-link sampah atau malam link scam. Sobat nggak mau kan blog sobat di tempelin link spam seperti itu?

 

2. YOAST SEO

Plugin Terbaik Wajib Install Di WordPress 3 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

Semacam Tools untuk “membantu” sobat membuat artikel SEO. Yoast SEO aku akuin memang sangat membantu sekali dalam meningkatkan  kualitas tulisan untuk SEO sobat. Yoast SEO memiliki indikator apakah artikel sobat sudah memenuhi SEO atau belum. Sobat hanya perlu menulis dan memantau indikator jika indikator sudah menunjukan warna hijau, berarti sudah SEO. catatan: Yoast SEO hanya membantu Sobat menulis supaya artikel menjadi SEO dan Settingan dari Blog, BUKAN untuk membuat blog sobat langsung page one.

 

3. Jetpack

banner 772x250 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

Termasuk Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress Jetpack dan Akismet memang kalau aku katakan ini sudah menjadi pasangan kali ya, entah kenapa aku ngeliat mereka seperti berjodoh layaknya Raisa dan aku hamish daud. Jetpack sangat fungsional sekali untuk wordpress sobat, dikarenakan jetpack mempunyai fitur “auto share” ke dalam beberapa sosial media yang sudah sobat cantumkan. Selain itu jetpack juga mempunyai fungsi sangat penting dalam hal “protect and monitor”

Jetpack mampu memonitor blog sobat dan juga melindungi blog sobat dari serangan hackel, brute force misalnya.

 

4. WP Super Cache

banner 772x250 1 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

WP Super Cache, menurut pandanganku pribadi plugin ini penting sekali karena untuk membuat cache pada komputer pengguna, tujuannya supaya blog di load lebih cepat. Sebenarnya ada yang lebih lengkap dari WP Super Cache yaitu W3 total cache, tapi karena saking lengkapnya malah membuat “aku” sendiri menjadi bingung untuk mengaturnya.

Maka dari itu, untuk menyiasati hal itu, gunakan saja WP Super Cache, cocok sekali untuk para jomblo blogger yang nggak mau ribet setting ini itu.

 

5. AddThis

banner 772x250 2 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

Plugin yang berguna sekali untuk sobat (dan pengunjung) supaya bisa langsung ke share ke sosial media. Plugin ini cukup simple digunakan, dan tidak ribet. Terlebih melihat fungsi yang ditawarkan membuat kita memang harus menginstallnya.

 

6. EWWW Image Optimizer

banner 772x250 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)

Sangat ber faedah. Mengingat plugin ini berguna untuk “ngompres” hati kamu, ….maksudnya, gambar sobat yang sudah sobat upload ke Blog. Gambar yang awalnya berukuran 500KB bisa menjadi 300KB dengan plugin ini, artinya itu bisa menghemat space dari hosting kita bukan? HEHEHE….

Walaupun begitu, plugin ini tidak membuat gambar kita menjadi pecah atau blur seperti video haram hahah.

 

7. Contact Form 7

banner 772x250 3 - Panduan #3: 7 Plugin yang WAJIB di Install pada Wordpress (Gratis)
Plugin yang WAJIB di Install pada WordPress

Contact form 7 sangat mudah penggunaannya dan juga sangat berguna untuk meningkatkan blog kita. Dengan adanya plugin ini terpasang pada blog sobat, nantinya para pengunjung blog bisa menghubungi sobat menggunakan form yang telah sobat buat dengan ini. Berguna sekali jika sobat membuat blog e-commerce.

Baca Juga: Suspend Adsense itu Sakiitttt…..

Mungkin itu saja yang aku share pada artikel kali ini, kok cuma 7? .. jadi gini sob, namanya wajib itu yang perlu-perlu saja, sebenarnya masih banyak sekali plugin yang harus di install, aku ambil 7 karena plugin diatas adalah plugin yang paling perlu diantara plugin-plugin penting lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *