Tips Memilih Distro Linux Untuk Pengguna Linux Baru [Link Download]

Seperti yang kita tahu, di Dunia ini banyak sekali macam System Operasi. Dari mulai DOS, Windows, Mac, Linux, Android, Sampai UNIX itu sendiri. Mungkin kita kalau di hadapkan dalam pemilihan System Operasi windows, kita nggak akan bingung, karena System Operasi Windows hakikatnya hanyalah itu-itu saja, tidak banyak varian, tidak banyak pilihan. Begitu juga dengan System Operasi MacOSX.

Tapi bagaimana jadinya kalau tiba-tiba kamu di suruh untuk memilih System Operasi yang awalnya nggak tau sama sekali tentang System Operasi tersebut, Linux contohnya.
Mungkin kamu bosan dengan tampilan windows yang begitu-begitu saja atau mungkin kamu bingung dengan tampilan Mac yang notabene beda sekali dengan Windows atau mungkin kamu malas menggunakan Windows karena banyak virus?

linux distros 300x225 - Tips Memilih Distro Linux Untuk Pengguna Linux Baru [Link Download]

Beralih ke Linux alternatifnya.

Alasan Kenapa Harus Pindah ke Linux

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita harus pindah ke Linux, macam-macam faktor tersebut bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Berikut faktor yang mendorong kita untuk pindah ke Linux:

Linux FREE!

Free adalah Bebas! Linux itu bebas, bebas kamu edit isinya, bebas kamu sebar luaskan kembali, bebas kamu edit kemudian kamu jual, BEBAS! tetapi tetap menggunakan Lisensi GPL yah. Berbeda dengan Windows yang harus bayar lisensi, Linux hakikatnya bebas, tapi walaupun seperti itu ada beberapa Linux yang berbayar, karena memang “mungkin” dalam beberapa sector Linux berbayar ini lebih unggul dari Linux yang lain.

Linux Tahan Virus

Kalau yang kita maksud disini adalah Virus Windows, jawabanya IYA!
Linux tahan terhadap serang virus windows. Virus adalah sebuh program jahat yang dibuat dan ditujukan pada platform tertenu, dalam kasus ini adalah virus windows. Virus Windows tidak akan pernah bisa berjalan di Linux.

Ribuan Aplikasi dari Mulai Gratis sampai Berbayar

Jika kita menggunakan Android bakal menjumpai Play Store, di Linux akan menjumpai Software Center, kamu akan disuguhkan ribuan aplikasi dari mulai gratis sampai berbayar disini.

Dukungan Linux Banyak

Karena berbasis Komunitas, Linux memiliki support yang banyak sekali, forum-forum yang siap membantu kesulitan atau hambatan yang kamu rasakan ketika menggunakan Linux.

Varian Linux yang Banyak

Karena berbasis Komunitas dan Sifatnya Open Source, maka bebas diedit oleh siapapun yang bisa mengeditnya, sehingga melahirkan beberapa distro-distro baru yang mungkin bagi pengguna lama akan sangat menarik, tapi bagi pengguna baru ….hmm, sedikit membingungkan.

Jika kamu pengguna Linux baru dan bingung memilih Distro mana yang harus kamu pilih, artikel ini cocok sekali buat kamu yang masih bingung memilihnya gan, Disini saya akan ngasih tau tips memilih distro Linux untuk pemula.

1. Kamu Seorang Multimedia?

Jika kamu seorang multimedia, entah itu editing, animator, musicians. Mungkin kamu patut mencoba:
2. Ubunt Studio: https://ubuntustudio.org/

2. Pengguna Desktop Rumahan?

Jika kamu hanya pengguna Desktop Rumahan biasa, kamu patut mencoba:
3. elemntaryOS: https://elementary.io/id/

3. Jika kamu seorang Security Jaringan.

Jika kamu seorang security Jaringan, bukan berarti satpam telkom yak.. kamu patut mencoba:

4. Jika Kamu Ingin Mengajari Anak

Jika kamu ingin mengajari anak,adik, atau anak orang lain, kamu patut mencoba:

5. Gamer??

Kalau Kamu seorang gamer, kamu nggak cocok pakai Linux, serius!

Kesimpulannya:

Kesimpulan dari artikel ini adalah, Gunakan Linux sesuai kebutuhan kamu! Jangan hanya karena ikut-ikut atau dibilang keren sehingga kamu nggak mikirin kebutuhan jadinya kamu malah nggak bisa menggunakannya. So, thats it. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *